Tropico 4: Games Manajemen Pemerintahan yang 'Nagih' banget

Games Tropico 4 ini merupakan game favorit saya, tak menutup kemungkinan bisa menjadi game terfavorit seumur hidup saya. bayangkan saja, saya bisa betah lebih dari 6 jam -pernah 10 jam- hanya untuk bermain game ini. itulah yang terjadi, dan itu salah satu bukti bahwa game ini nagih banget. Biar pada kebayang buat yang belum pernah main gimana gamenya kita lihat dulu trailernya kali ya, silahkan:

 

Game ini dulu saya beli di jalan Ganesha, letaknya didepan Institut Teknologi Bandung tepat 2 tahun yang lalu, 9 juli 2011 (sumber: data instalasi dilaptop saya melalui aplikasi  Program and Future). dan akhirnya dapat menyelesaikan 20 level campaign yang ada. saya jujur kaget juga ketika menyadari tanggal saya menyelesaikannya sama persis dengan saya menginstallnya 2 tahun lalu, hehe ini adalah hal yang istimewa, seperti game nya. Game ini terbukti sama halnya dengan candu. Sebab bagi saya, Tropico 4 berhasil membuat pemakainya sangat menikmati konsep permainan tersebut, dimana kita dapat menjadi Presiden Tropico Island. kedepannya saya tidak hanya akan bercerita mengenai Tropico, tapi lebih tepatnya Tropico dan Saya. 


kisah awal beli Tropico 4

Cita-cita menjadi tata kota adalah motivasi terbesar yang ada dalam benak saya saat itu. saat itu, saya berandai-andai mampu membangun kota yang indah layaknya jakarta, namun dengan perbaikan dibidang sosial, dan kebersihan, dan menmperkecil tingginya disparitas* ekonomi masyarakatnya. Jadi, ketika mencari game saya langsung menanyakan dengan abangnya "game 'tata kota' yang bagus ada nggk?" . dan kemudian ia menyodorkan cdnya dengan bandrol harga 40ribu plus kartu namanya sebagai jaminan game ini dapat berjalan dengan baik. terlihat sangat profesional kan? memang betul.

Perlu tema-teman ketahui, saya menjumpai penjual cd game tersebut saat sedang melakukan survei bersam kedua orang tua ke tiga perguruan tinggi yaitu: ITB, UnPad, dan IPB. yang kelak secara tidak sadar ketiga perguruan tinggi tersebutlah yang menjadi pilihan saya di tes SNMPTN Tertulis 2012. didepan ITB memang banyak penjual CD game, ada yang asli dan adapula yang bajakan. sesekali terlihat andong ataupun kuda yang melintas, ditambah rimbunnya pohon sekitar. kesemua hal tersebut menambah kenyamanan ke daerah ini. baik untuk berlibur (Kebun Binatang) maupun belajar.

mulai bermain

saat mulai bermain tentu saja harus melakukan instalasi terlebih dahulu, namun saya memiliki kendala bagaimana caranya agar bisa bermain sementara game dari cd tersebut meminta berkali-kali passwordnya. sehingga kemudian saya menelpon nomor yang tertara pada kartu nama tersebut dan ternyata saya diberitahu agar meng-copy data crack yang ada ke program filesnya juga. tara, dan akhirnya berhasil, game bajakan ini berhasil menyala. membeli Tropico 4 bajakan ini kelak akan menjadi sebuah hal yang akan sedikit saya sesali  karena merasa tidak tahu diri betapa besar kerja kerasnya si-vendor. orang rusia.

didalam game tersebut ada beberapa pilihan permainan seperti campaign, challange, sand box, dll. Campaign merupakan permaian dengan alur cerita yang terdiri dari 20 level. kesemuanya memiliki kesulitan yang berbeda, namun yang paling sulit bagi saya adalah ketika mempertahan kondisi pulau yang tidak memiliki tanah yang baik untuk pertanian, sehingga mengandalkan industri. dimana saat itu diciptakan situasi perdagangan internasional yang tidak stabil, sering terjadi fluktuasi harga dan defluktuasi harga yang mengakibatkan saya keropatan juga menyelesaikan level ini, level tersebut menjadi satu-satunya level yang gagal saya selesaikan dengan predikat tertinggi  3, saya hanya mendapatkan predikat 2. level 19, dan 20 juga sulit sebenarnya, tapi berbekal pengalaman akhirnya selesai juga setelah nyaris marathon main game 2 minggu, haha. tentunya nggk 2 minggu full.

Saat memulai game kalian akan disajikan pilihan penampilan avatar anda, dan juga ada pilihan bagi anda mau jadi president yang seperti apa? ada beberapa backgroun yang bisa dipilih, seperti: hardworking, incoruptible dllnya. ada juga tambahan berbagai cara memiliki kekuasaan dipulau tersebut, plus 'advantage'nya. Cara memperoleh kekuasaan yang gemar saya pakai adalah dengan membagun tourism dipulau tersebut, sebab kita mendapatkan hotel gratis. lumayan :))

Ketika semua sudah selesai dan siap bermain, saya yakin teman-teman pasti bisa. sehingga, tak perlu saya jelaskan disini. karena kasihan juga dengan fasilitas 'tutorial'nya hehe. intinya game ini menyiapkan segala aspek kita untuk menjadi seorang pemimpin pemerintahan. pemerintahan pulau Tropico 4. 

yang paling berkesan dari game tersebut

Yang paling berkesan secara keseluruhan dari game tersebut adalah adanya kombinasi antara membangun kota, kestabilan ekonomi, kesejahteraan rakyat, pengaruh luar negeri dan isu politik. 

a.. Kestabilan Ekonomi
jadi kalau seperti saya  yang awalnya terburu-buru membangun kota, menyebakan dana di 'tressury defisit. Nah, kalau sudah terlanjur seperti itu terpaksa mengulang lagi saja saran saya. sebab, saya pernah ketika mengalami defisit didalam negeri, saya melakukan pemotongan uang, dengan biaya gratis kita mendapatkan $30.000, namun sialnya justru harga bangunan semuanya naik 30%. boro-boro bisa lebih baik, justru malah jadi nggk bisa ngapa-ngapain. sama seperti dengan Indonesia, seharusnya jangan banyak utang. karena kalau game kan bisa di- restart, yakali Indonesia mau di restart.

Setelah saya lalui level demi level saya jadi paham bahwa yang harus dibangun pertama kali adalah peternakan dan pertanian, khusus untuk level 20 mulailah dengan membangun peternakan domba (wool) dan Tembakau, kopi, serta Nanas. itu harga jualnya paling mahal. setelah ekonomi mantap barulah beranjak membangun fasilitas umum. o iya, sebelumnya boleh juga membangun looging camp dan pertambangan.  terakhir bangunlah industri dan pariwisata. Industri akan sangat bermanfaat karena memberikan penghasilan yang besar dengan jumlah pekerja yang relatif lebih sedikit dari pertanian, dsb. Industri juga memiliki fasilitas untuk mengimpor bahan baku (raw) sehingga tak perlu mengahabiskan biaya membayar pertanian,dsb. tapi trust in me berswasembada itu lebih baik kedepannya.

b. Kesejahteraan Rakyat
Rakyat sangat mempunyai suara dalam game ini, mereka biasanya tergabung dalam beberapa kelompok kepentingan yang dikenal sebagai 'Faction'; ada Religious, Enviro, Militer, Communist, Capitalist, dan ada beberapa lagi. nah, setiap kondisi yang terjadi di pulau ini kan berpengaruh terhadap respectnya kepada kita. misalnya kita membangun terlalu banyak pusat penebangan dan pertambangan tanpa memberlakukan regulasi dan mengurangi polusi. maka kelompok Enviro biasanya akan menutup pertambangan kita. bahkan bisa jadi dibakar. 

yang paling parah adalah ketika hampir seluruh Faction yang ada kehilangan respect terhadap kita. mereka biasanya akan menjadi 'rebel' (pemberontak) dan kemudian memberontak. dengan tanpa kekuatan militer yang kuat bisa saja kita di kudeta. saya pun pernah beberapa kali mengalami kudeta, dan masa-masa mempertahankannya itulah yang sangat seru.

c. Pengaruh Luar Negeri
dari awal mulai bermain kita dihadapkan pada dua kubu yaitu US dan USSR. sebab waktu mulainya diambil saat masa perang dingin. US adalah kapitalis yang mengedepanakan keuntungan dari industri dan pariwisata, sementara USSR adalah komunis yang mengedepankan kesejahteraaan rakyat serta perekonoomian dari pertanian dan peternakan. jadi ketika kita terlalu komunis maka akan ditinggalkan US dan dikurangi sampai habis bantuan luar negeri pad kita, begitupun sebaliknya. jadi jika hubungan kita pada kedua negara baik kita akan mendapatkan bantuan luar negeri tiap tahunnya dalam jumlah besar. plus "tourism boost" dari US dan "Cheap Rum dan Uranium" dari USSR. namun, kita harus berhati-hati, kesalahan dalam stabilitas perekonomian bisa menyebabkan kesejahteraan rakyat berkurang. dan akan berdampak pulau kita akan di invasi oleh USSR. Sementara saya belum pernah merasakan di invasi US. jika invasi USSR terjadi kita bisa meminta bantuan US dengan imbalan kita harus membangun pangkalan Amerika di pulau kita. dan otomatis  kita akan  kehilangan respect dari faction  nasionalis.

ada juga hubungan dengan negara lain seperti Cina, Timur-Tengah, Eropa. kalau kita beruntung dan baik dengan Timur-Tengah kadangkala mendapat kejutan free $30.000. ada juga saat-saat kita harus menentukan posisi, biasanya ada dua pilihan. seperti ketika ada kasus Taiwan yang menginginkan kemerdekaanya, kita harus memilih mendukung atau tidak, kalau mendukung -25% China, kalau tidak -15% US. pilih saja yang paling kecil saran saya, dalam hubungan internasional tak ada yang salah dan benar dalam kondisi seperti ini, tapi paling tidak paling aman. haha oleh karena itu sulit menjadi bangsa yang gemar menentang mayoritas suara dunia, dan saya sampaikan pujian kepada Ahmadinejad dan Iran yang pernah melakukannya dalam kasus Suriah.

d. Isu Politik
Andai pemilu sudah dekat, anda kehilangan respect anda bisa melarang penyelenggaraan pemilu melalui fasilitas ini, yaitu Edict. Edict adalah kumpulahan kebijakan politik, diantaranya : Kebijakan umum, keamanan dan pertahanan, pendidikan, perekonomian dan pariwisata, kebijakan dalam negeri serta luar negeri. yang paling berkesan adalah ketika saya berhasil mempertahankan kekuasaan dengan merapkan edict "free housing" "Food For Every People" dan "Social Security" setelah selesa pemilu saya matikan kembali kebijakan itu, hehe sama seperti pemerintahan sekarang. saya terpaksa melakukan itu karena untuk pembangunan Tropico. sebab, jika saya kalah dipemilu saya akan "game over". 

Jadi itulah politik, kadang terlihat licik, tapi jangan selalu dilihat licik karena banyak kebijakan baik yang dilahirkan dari proses politik. dalam konteks Politik praktis di pemerintahan.

e. Bencana Alam 
Pernah Kesejahteraan Rakyat Tropico baru saja mau kembali pulih setelah membangun pembangkit listrik dan rumah sakit, namun sial tsunami menerjang dan seakan-akan si-pembuat game ini men-setting game ini sedikit sulit. begitu juga sebelumnya ketika ekonomi defisit lalu saya membangun pertanian tembakau, eh malah kena tornado. jengkel sih? ya iyalah. tapi itulah yang membuat game ini seru.

untuk menghindari kemungkinan terburuk dari bencana ada pusat cuaca yang bisa diupgrade. serta pemadam kebakaran untuk menghindari akibat yang lebih parah dari gunung meletus.

f. Tugas-tugas Lucu
Seringkali tugas dari tiap level itu lucu, jadi pernah pada level 10 saya, Presiden Tropico sebagai pembunuh presiden US (nantinya diketahui bahwa presiden amerika di level 19 lah pembunuhnya). dan untuk menyelamatkan diri dari investigasi PBB, saya harus membangun 10 dermaga kapal dalam waktu 5 tahun, haha lucunya adalah dermaga itu ditujukan untuk menipu para investigator dari PBB.

yang paling lucu adalah pada level 19. Badan investigasi memberi tahu ternyata US telah meluncurkan senjata nuklirnya ke pulau  Tropico dan (lucunya) nuklirnya akan sampai di Tropico yang sudah di'lock'dalam waktu 5 tahun. disaat itu saya langsung bingung ketakutan. eh tiba-tiba ada yang menyarankan ternyata ada cara luar biasa untuk mengalihkan target dengan membangun kincir angin, lebih tepatnya turbin angin sebanyak 10 buah. hahahahhaha bayangkan kalau semua orang tahu, mungkin US dan USSR akan segera membangun turbin dan 'main' serang-serangan nuklir,, hahahaha :D


yang berhubungan dengan kehidupan nyata 

itulah secara garis besar permainan ini, ini adalah permainan yang keren, lucu dan sekaligus mendidik. walau kita harus ingat juga permainan tetap permainan. disamping jabatannya sebagai game ternyata Tropico telah memberikan saya banyak pelajaran. dulu, sebagai calon sarjana tata kota. dan sekarang sebagai sarjana HI yang siap pergi ke Cambridge untuk Development Studiesnya dan juga mengabdikan diri bagi perbaikan kondisi di masyarakat. Banyak sekali pelajarannya, benar-benar banyak. salah satunya, harus menjadi sabar. sarus cerdas, dan jujur masih sangat amat banyak.

yang akhirnya harus diakhiri juga.

Namun, game ini harus segera saya akhiri juga. saya harus berhenti bermain game ini, sebab menyita waktu yang cukup lama. tanpa kecanduan game ini saya yakin kehidupan saya akan jauh lebih baik, let's make it real. yang belum main, main dulu. yang sudah? dunia menunggu kita kawan :D hehehe

ini buat yang ingin baca lebih jauh, ada buletinnya juga :
http://www.docstoc.com/docs/89104251/Tropico-4-Magazine :))

1 comment:

  1. main game tropico memang asyik dibutuhkan kesabaran untuk menata kota dllnya, makasih infonya, salam kenal RPP SMP Kurikulum 2013

    ReplyDelete