Kota Jatinangor : informasi bagi mahasiswa baru

Tahun 2012 sebentar lagi berlalu, tahun 2013 akan datang. tak terasa siswa kelas 3 SMA/MA/SMK akan segera menyelesaikkan sekolahnya. kalian akan berjumpa pada pilihan mau melanjutkan studi kemana nih?. dengan sistem SNMPTN yang baru kalian harus bisa memilih universitas dengan baik. Memilih Universitas dengan baik dapat dilakukan dengan mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang universitas tersebut. Apa saja keunggulan Universitas tsb dan hal apa saja yang membuat kamu tertarik pada Jurusan yang kamu ambil dan, dan jangan lupa untuk mempertimbangkan kemampuan diri sendiri, apakah mampu dan dapat dicapai atau tidak?. oh iya, satu hal lagi nih jangan lupa cari informasi tentang daerah universitas kamu.

Nah, saya sebagai Mahasiswa HI UNPAD, yang berdomisili di Jatinangor. sewaktu saya mendaftar saya merasa kesulitaan untuk mencari informasi tentang Jatinangor diinternet. Padahal setelah saya kuliah disini, saya baru mengetahui bahwa daerah jatinangor adalah daerah yang diorientasikan sebagai daerah pendidikan, sehingga kini telah berdiri 4 Universitas yang memiliki nama besar serta ukurannya juga besar. oleh karena itu, saya akan menceritakan sedikit saja yang saya tahu tentang jatinangor. Dimanakah Jatinangor itu? ada apa saja sih dijatinangor? atau mahal atau murahkah biaya hidup dijatinangor? dan bagaimana kondisi lingkungan, sosial serta kemasyarakatan di kota jatinangor. semoga cukup membantu :)

Dimana Sih Jatinangor?

Jadi semenjak saya kuliah banyak orang yang punya kesalahan persepsi bahwa jatinangor itu adanya di Bandung, padahal sebenarnya bukan. Jatinangor itu terletak dikabupaten sumedang, berbatasan dengan daerah Cileunyi  (bandung) dan Tanjung sari (Sumedang). di daerah dataran rendah yang berada dekat dengan gunung geulis (dulu saya sempat menyebutnya Manglayang dan ajaibnya banyak yang percaya). 

                 Universitas Di Daerah Jatinangor?
Sebagai kota pendidikan, wajar Jatinangor itu ramai riuh padat mahasiswa. sekitar 50.000 Mahasiswa sedang menuntut ilmu setiap tahunnya di kota ini. Banyaknya Jumlah Mahasiswa sesuai dengan banyaknya  universitas maupun institut besar yang berdiri di Jatinangor. Keempat perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Padjadjaran (UNPAD), serta tiga Institut besar lainnya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Intitut Koperasi Indonesia (IKOPIN), dan terakhir,institut yang insyaallah masih menghasilkan pemimpin-pemimpin muda. yaitu Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Bagaimana dengan Biaya Hidup di Jatinangor?
Sebelum melangkah lebih jauh memang alangkah baiknya jika saya menceritakan tentang biaya hidup dijatinangor. berdasarkan pengalaman yang saya dengar dari banyak teman-teman dan yang saya rasakan sendiri. Biaya Hidup di Jatinangor mah itu relatif murah untuk ukuran daerah jawa dengan potensinya yang luar biasa . Namun, tentunya besar kecil pengeluaran tergantung gaya hidup kita sendiri. tinggal bagaimana kita bisa membawa diri kita aja sih, serta sering-sering mencari informasi.
Biaya makan ada yang mahal dan ada yang murah, kadang makan-makanan yang murah justru malah lebih kenyang dibanding makan beberapa makanan yang mahal. Untuk biaya Kesehatan relatif terjangkau, apalagi jika kalian berobat di Klinik Padjadjaran. Menurut saya di klinik milik Universitas Padjadjaran itu biaya kesehatannya termasuk yang paling murah dan  enaknya adalah karena klinik ini melayani siapa saja, baik masyarakat umum ataupun mahasiswa dari universitasi lain 24jam. 

Bagaimana Tempat tinggal di Jatinangor?
Kalau anda pernah ke Jatinangor sekitar 3 tahun yang lalu, pasti anda akan merasakan banyak perkembangan. salah satu perkembangan yang paling pesat adalah dari segi tempat tinggal, lebih banyak rumah yang dijadikan kos-kosan ataupun disewa, dan mulai lebih banyak lagi tempat-tinggal lainnya yang sedang dibangun saat ini. terhitung satu apartemen (PINEWOOD) sudah berdiri dan beroperasi selama satu tahun, dan menyusul dua apartemen baru yang sedang dalam tahap pengerjaan (Easton Park dan Jatinangor EduPark). disamping itu, muncul juga semacam kos-kosan yang sengaja didirikan dengan prioritas memberi kenyamanan pada penghuninya  dengan menyediakan pihak keamanan, dan lahan hijau yang segar dan nyaman untuk belajar.(AWANIstudento). Untuk Biaya Kos-kosan tersedia dari harga yang paling murah 2.600ribu sampai 8juta pertahunnya. sementara apartemen biaya sewanya diatas 10juta pertahun.

Apa sarana Hiburan di Jatinangor sangat memadai?



Sebagai mahasiswa baru tahun penerimaan 2012 dari sebuah daerah kabupaten, saya rasa sarana hiburan dijatinangor sudah sangat memadai. terdapat satu buah Mall yang baru saja direnovasi yaitu Jatinangor Town Squre (JATOS) . Di JATOS terdapat fasilitas-fasilitas seperti mall pada umumnya, walaupun tidak sebesar BIP (bandung) , Plaza Indonesia (Jakarta), maupun Central Plaza (Lampung), JATOS sudah cukup memadai karena menyediakan tempat rekreasi maupun refresing yang paling penting untuk mahasiswa yaitu Bioskop yang  bagus. Selain itu, di Jatinangor setiap minggunya terdapat Pasar Tumpah yang menjual berbagai barang serta panganan dan juga ada penyedia kuda yang bisa disewa. Bagi Penyuka tantangan banyak kawan saya yang suka mendaki gunung ataupun berkemah di Kiara Payung. Bagi anda yang  mungkin kebanyakan uang bolehlah sekali-kali bermain golf di dekat pintu masuk kendaraan UNPAD. selain itu terdapat cafe yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai sambil mengobrol (Ngeumong, Che.Co). o iya walaupun gag bisa main2 disana, Jembatan cincin bisa memberikan pemandangan yang menyegarkan. apalagi kalau kita kesana saat pagi2 saat sinar mataharinya menembus embun yang banyak disekitar jembatan bersejarah itu.

Gimana Transportasi Ke/dari Jatinangor?
Enaklah sebenernya, Ada dua Rute DAMRI yang ke/dari Nangor, ada Travel, ada bis kota, ada juga angkot yang  banyak. tapi yah seperti dikota-kota lainnya kembali lagi yang buat males adalah kemacetan. Makin macet makin lama dijalan, tapi alhamdullilah sekarang DAMRI yang dari/ke Nangor itu sudah menggunakan AC. pokoknya aman insyaalllah :)

Terakhir, apa sih yang paling unik dari Jatinangor?
satu hal yang mungkin gag akan saya temukan ditempat lain, yaitu makanan Delievery. hahaha pasti bertanya-tanya kan itu sih biasa aja kali. tapi ini nih yang unik, yang jual delieverynya bukan kayak makanan cepat saji yang mahal2 macam mrek ayamfriedchicken,  tapi justru hanya warung makan kecil yang harganya bisa dijangkau mahasiswa. entah karena iklim persaingan bisnis dinangor yang lumayan berat, mereka sampe memberikan pelayanan lebih seperti itu supaya tetap mendapat pelanggan, tapi apapun alasannya anugrah lah bagi mahasiswa yang lagi ngerjain tugas dan tiba-tiba dialaper, dia nggak perlu keluar cari makan, tinggal sms aja..(a)gag lama sangsung dateng :D hehe patut dicoba.

tah,, sekian dulu cerita yang bagus-bagus kali ini, tapi satu hal yang mesti temen2 ketahui penataan kota jatinangor terlihat seakan-akan tidak serius, berantakkan, jadi jangan terlalu mengharap yang lebih, mungkin nanti di lain waktu saya bisa bercerita tentang kisah UNPAD, atau apa saja yang bisa diceritakan. tetap dengan sudut pandang saya, diplomat lampung tengah untuk daerah jatinangor B-)

3 comments:

  1. Assalamualaikum wr.wb.
    Salam kenal Kak Irsyaad Suharyadi. Nama saya Annisa dari SMAN 1 Terbanggi Besar :)
    Postingan kakak tentang daerah Jatinagor bagus sekali, menambah wawasan saya tentang keadaan di daerah Universitas Padjajaran.
    Kemudian, saya ingin sekali dapat berkenalan dengan kakak setelah saya mengetahui bahwa owner dari blog ini adalah alumni SMANSA TB yang kuliah di UNPAD. Saya sendiri saat ini sudah berada di kelas XII IPS dan berkiinginan untuk masuk ke Universitas Padjajaran. Maka dari itu, disini saya ingin menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan proses penerimaan mahasiswa UNPAD, salah satunya adalah saya ingin sekali masuk jurusan akuntansi di UNPAD melalui jalur SNMPTN, namun sampai sekarang saya masih belum mengetahui apakah ada kemuungkinan bagi saya untuk bisa lulus seleksi dan diterima disana atau tidak, Kemudian saya juga ingin tahu kira-kira ada berapakah alumni SMANSA yang kuliah disana terutama yang ada di jurusan akuntansi. Sekiranya cukup bagi saya untuk saat ini, saya harap kakak dapat membalas komentar saya yang terlalu panjang ini walau kakak tidak mengenal saya. Saya akan menunggu saran kakak pada komentar kakak selanjutnya serta informasi lainnya mengenai UNPAD jika kakak berkenan menceritakannya kepada saya. Terimakasih. Wassalamu'alaikum Wr.Wb. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Waalaikumsala Annisa, semoga sehat selalu ya..
      Terima Kasih banyak pujiannya de, salam satu SMANSA TB hehe :)
      Gimana kabar Sekolah kita sekarang?
      Kakak punya beberapa temen dari Akuntansi UNPAD, kabarnya sih salah satu jurusan Favorit dek. Tentang bisa masuk atau enggaknya sih menurut kaka itu sepenuhnya atas izin Allah de. Tapi kalau mempertimbangkan 'rating' sekolah kita di UNPAD kayaknya agak sulit. Prestasi rapor kamu selama ini gimana de? Peluang terbesar sih berjuang di SBMPTN. Tapi, inget kalau nanti pas pengisian form SBMPTN jangan isi tinggi2 tanggungan uang orang tua karena nggk akan berpengaruh keterima atau tidaknya malahan bisa repot karena kemahalan SPPnya pas keterima dek. Lebih jauh kirim pesan aja ke irsyaadyadi@gmail.com ya dek, nuhun :)

      Delete