JAWA BARAT MENARIK KEIKUTSERTAAN ARTIS DALAM PEMILUKADA



Ada hal yang menarik untuk dikaji di kancah politik jawa barat saat ini. seiring semakin dekatnya pemilihan umum daerah, beberapa nama muncul kepermukaan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Hal yang mengejutkan adalah ketika muncul tiga nama yang sudah lebih dikenal sebagai artis. Kemudian muncul pertanyaan, ada apakah ini? apakah yang membuat artis tertarik untuk mengikuti Pemilukada Jabar? Atau kemanakah peran partai politik yang seharusnya melahirkan politikus-politikus.
Melihat hasil pemilihan umum kepala daerah periode sebelumnya, keluarlah Ahmad Heryawan dan Dede yusuf sebagai pemenang. Padahal di saat itu, pasangan itu harus bertarung dengan pasangan dan partai besar. Namun, Menurut Direktur Lingkar Survei Indonesia (LSI), Cikom Toto Fatah. “Faktor Dede Yusuf menjadi faktor penting kemenangan pasangan ini. Lebih banyak yang mencoblos karena alasan Dede Yusuf,” Dari sinilah terlihat bahwa pamor dan kepuleran telah membantu artis dalam meraih kursi gubernur atau wakil gubernur.
Alasan diataslah yang bisa dijadikan penjelasan kenapa banyak artis yang akan turun dalam hajat 5 tahun-an di kancah politik jawa barat ini. Partai-partai mulai mempertimbangkan keberhasilan mereka dengan mengikutsertakan sosok artis, yang akan membantu mereka dalam meraih suara yang ada. mengingat bahwa masyarakat jawa barat sendiri memiliki sifat fanatisme yang cukup kuat. Selain itu, dengan kepopulerannya artis dapat dikenal oleh masyarakat lebih luas.
Bukanlah salah ketika banyak artis yang menjadi politikus, namun yang mulai dipertanyakan adalah bagaimana kinerja partai dalam melakukan pendidikan politik. Yang terjadi sekarang adalah partai politik terkesan mencari jalan instan dengan cara mengikutsertakan artis dalam Pemilukada JABAR 2013.

Partisipasi selebritas dalam dunia politik dapat dijelaskan melalui pendapat Myron Weiner tentang timbulnya gerakan kearah partisipasi politik yang lebih luas dalam proses politik. Dalam penjelasannya, ia menyebutkan pada butir pertamanya yaitu adanya modernisasi dapat menyebabkan timbulnya perluasan partisipasi politik. Yang dimaksud modernisasi ialah perkembangan industrialisasi, perbaikan pendidikan dan media komunikasi, maka sebagian penduduk yang merasakan terjadinya perubahan nasib akan menuntut berperan dalam politik.
Demikianlah penjelasan saya mengenai partisipasi selebritis dalam kancah politik, selebritis pun memang sebetulnya memiliki hak untuk berpartisipasi dalam dunia politik. Tidak ada yang salah dalam keikutsertaan artis dalam dunia politik. Ada indikasi bahwa memang artis yang mengikuti pemilihan umum memang memiliki niatan untuk memberikan sumbangsihnya pada bangsa ini. Tapi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kinerja partai politik sebagai salah satu media pembelajaran politik, sudah sepantasnya partai politik melakukan evaluasi.

No comments:

Post a Comment