Manfaat Mata kuliah Ekonomi sebagai penunjang Studi Ilmu Hubungan Internasional

Tugas 1 Pengantar Ilmu Ekonomi HI Unpad 2012
Setelah berakhirnya perang dunia ke-2, ada beberapa negara dalam jumlah yang cukup besar memproklamasikan kemerdekaannya. Hal ini disebabkankarena  selama mengalami masa penjajahan,  bangsa pribumi diperlakukan semena-mena oleh koloninya sehingga sangat menderita. Hal inilah yang kemudian menjadikan bangsa-bangsa pribumi teguh dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Dengan melakukan berbagai cara untuk merebut kemerdekaannya baik itu dengan mengedepankan cara bernegosiasi ataupun dengan menggunakan kekuatan militer. selain itu,usaha  kemerdekaan bagi negara-negara tersebut  juga dipromosikan oleh Gerakan non blok yang diselenggarakan di Bandung pada 18-24 april 1955. Dan pada akhir tahun 1960-an, telah banyak negara-negara baru memproklamasikan negaranya sebagai negara yang berdaulat.

Pasca proklamasi,setiap negara memiliki usaha – usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Untuk menghasilkan hasil yang optimal,kegiatan usaha yang dilakukan setiap negara harus menyesuaikan dengan potensi alam dan kemampuan yang dimiliki masyarakat di negara tersebut. Sedangkan kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat dipenuhi, dapat dipenuhi dengan mengimpornya dari luar negeri . begitu juga dengan bidang pendidikan dan teknologi.

Lalu mengapa harus mempelajari mata kuliah ekonomi di dalam jurusan ilmu Hubungan Internasional, apa hubungannya??

Ekonomi memiliki hubungan yang sangat erat terhadap hubungan internasional.  Sebab, ekonomi adalah hal essential yang mendasari berbagai alasan terjalinnya sebuah hubungan internasional disamping juga kepentingan politik, motif kemanusiaan serta agama. Berikut berbagai bentuk hubungan internasional yang didirikan atas motif ekonomi seperti, IMF (International monetery fund), G8 (negara maju)   dan G20 (negara-negara berkembang) dll.
Ekonomi juga dapat menjadi pemicu pergerakan-pergerakan yang unik antar negara dalam menjalin hubungan internasional demi memenuhi kebutuhan ekonomi negaranya untuk menghadapi masalah internal seperti  inflasi ekonomi, dll. Untuk mengatasi masalah tersebut munculah berbagai langkah-langkah yang atraktif. dan juga,dihiasi dengan berbagai konspirasi-konspirasi internasional dengan tujuan memperoleh benefit bagi satu atau sejumlah negara dalam bidang ekonomi yang sangat menarik untuk dipahami.
Mempelajari ekonomi dalam jurusan Ilmu Hubungan Internasional adalah sebuah hal yang harus bagi seorang mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional.sebab, dengan memahami teori-teori ekonomi, mahasiswa HI mampu menentukan langkah-langkah yang tepat dalam menghadapi berbagai macam isu-isu internasional.


2 comments: