ASEAN (ASOCIATION OF SOUTH EAST ASIAN NATIONS)


tugas pengantar ilmu administrasi

ASEAN ialah organisasi multinasional yang berbasis atas kesamaan wilayah territorial yaitu berada di wilayah asia bagian tenggara.  ASEAN terbentuk di Bangkok, 08 Agustus 1967 berdasarkan deklarasi Bangkok yang ditanda tangani oleh 5 perwakilan negara pemrakarsa. yaitu, Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand). Berdirinya ASEAN dilatarbelakangi oleh berbagai  kesamaan diantaranya, kesamaan budaya yaitu  budaya Melayu Austronesia, kesamaan nasib karena dijajah oleh bangsa asing, dan kesamaan kepentingan untuk menjalin hubungan untuk  mengembangkan ekonomi, social dan, budaya.
ASEAN hadir sebagai Organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya.  ASEAN memiliki prinsip-prinsip umum untuk tidak ikut campur atas urusan dalam negeri setiap anggotanya,  menolak penggunaan kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan antar-negara anggota dengan aman, dan meningkatkankan kerjasama yang efektif antar negara ASEAN.
Sebagai sebuah organisasi ASEAN memiliki struktur kepengurusan untuk memanajemen anggotanyaa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya sehingga dapat tercapai tujuan ASEAN.  kedudukan tertinggi asean didasarkan dari keputusan pada “ASEAN SUMMIT”. ASEAN SUMMIT ialah pertemuan ingkat tinggi antar Kepala Negara/Pemerintahan ASEAN untuk membahas agenda-agenda yang berkaitan dengan perkembangan terkini di regional ASEAN dalam bidang politik-keamanan, ekonomi, dan sosial-budaya. ASEAN SUMMIT diselenggarakan dua tahun sekali, ASEAN SUMMIT biasa juga disebut sebagai KTT ASEAN resmi. Jenis-jenis KTT ada KTT ASEAN, KTT ASEAN Plus Three, KTT East Asia Summit, ASEAN-ROK Commemorative Summit, ASEAN-EU Commemorative Summit, ASEAN-US Commemorative Summit, etc.
selain ASEAN SUMMIT,ASEAN juga memiliki acara KTT ASEAN yang tidak resmi. KTT ASEAN tidak resmi merupakan pertemuan tingkat tinggi antar Kepala Negara/Pemerintahan ASEAN yang tidak diagendakan/dijadwalkan sebelumnya, sehingga isu-isu yang dibahas bersifat emergency. Maka, penyelenggaraan Informal Summit tidak terbatas pada beberapa kali dalam setahun, tapi situsional. Biasanya, Informal Summit dilakukan untuk keperluan emergency response yang terkait dengan disaster management. Contohnya ASEAN Informal Summit on the Aftermath of the Tsunami, Informal Summit on Cyclone Nargis, etc.
ASEAN pun memiliki pemimpin yang dipilih melalui mekanisme berdasarkan Bangkok Charter yaitu Kepemimpinan ASEAN bergilir secara tahunan, berdasarkan urutan abjad dari nama-nama bahasa Inggris dari negara-negara anggota. tugas pemimpin ASEAN adalah mengadakan pertemuan internal antar anggota ASEAN. dan Mengayomi Negara-negara anggota dalam menghadapi berbagai masalah-masalah didukung oleh Suatu Negara Anggota yang akan memimpin KTT ASEAN dan KTT terkait, Dewan Koordinasi ASEAN, tiga Dewan Komunitas ASEAN, ASEAN yang relevan Badan Kementerian Sektoral dan pejabat senior, dan Komite Wakil Tetap.
Didalam ASEAN terdapat 4 badan yaitu Asean Political-Security Community, Asean Economic Economy, ASEAN Sosio-Cultural Economy, dan ASEAN External Realations.sementara Sekretariat ASEAN didirikan pada bulan Februari 1976 oleh Menteri Luar Negeri ASEAN. Saat itu bertempat di Departemen Luar Negeri Indonesia di Jakarta. The ASEAN Sekretariat yang ada di Jalan Sisingamangaraja 70A, Jakarta didirikan dan diresmikan pada tahun 1981 oleh Presiden Republik Indonesia, HE Soeharto.
Fungsi dasar Sekretariat ASEAN adalah untuk menyediakan efisiensi yang lebih besar dalam koordinasi organ ASEAN dan untuk pelaksanaan lebih efektif proyek-proyek dan kegiatan ASEAN
. Visi Sekretariat ASEAN adalah bahwa pada tahun 2015 dapat menjadi pusat saraf dari sebuah Komunitas ASEAN yang kuat secara global dan dihormati untuk bertindak secara penuh sesuai dengan Piagam dalam memenuhi kepentingan terbaik dari rakyatnya.Misi Sekretariat ASEAN adalah untuk memprakarsai, memfasilitasi dan mengkoordinasikan kerjasama ASEAN pemangku kepentingan dalam mewujudkan tujuan-tujuan dan prinsip-prinsip ASEAN sebagaimana tercermin dalam Piagam ASEAN.

No comments:

Post a Comment