SeKelompok Mahasiswa HI: Paguyuban atau Patembayan ??


Tugas Individu :

      Sebagai bagian dari mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, menurut saya kelompok mahasiswa jurusan hubungan internasional merupakan contoh dari bentuk paguyuban. seperti yang saya kutip dari blog milik Sarah Fauzia, Dijelaskan bahwa bentuk paguyuban yang biasanya terdapat dalam masyarakat adalah:

a.    Paguyuban karena ikatan darah, yaitu paguyuban yang didasarkan pada ikatan darah atau keturunan, misalnya keluarga dan kelompok kekerabatan setiap daerah.
b.    Paguyuban karena tempat, yaitu paguyuban yang terdiri atas orang-orang yang tinggal berdekatan sehingga dapat saling tolong menolong, misalnya arisan rukun tetangga
c.     Paguyuban karena jiwa pikiran, yaitu paguyuban yang terdiri atas orang-orang yang walaupun tidak mempunyai hubungan darah atau tempat tinggalnya tidak berdekatan, akan tetapi mereka mempunyai jiwa, pikiran dan ideology sama. Ikatan pada paguyuban seperti ini tidak sekuat paguyuban karena ikatan darah atau keturunan, misalnya sebuah perkumpulan yang didasarkan oleh hobi.
        Berdasarkan penjelasan diatas, maka sekelompok mahasiswa jurusan Hubungan Internasional termasuk kedalam pengertian paguyuban yang terbentuk karena adanya kesamaan jiwa dan pemikiran. Lebih tepatnya memiliki hobi yang sama, Yaitu kelompok yang memiliki hobi mempelajari segala hal yang berhubungan tentang ilmu hubungan internasional. selain itu, karena patembayan merupakan kerjasama yang berorientasi ekonomi.

Sumber        :
Paguyuban, http://sarahzia.blogspot.com/2011/10/paguyuban.html (diakses pada 13 Desember 2012)

No comments:

Post a Comment