Kumpul Beradab Hidup Berakhlak

"Dibandingkan membuat tempat terbaik, Saya fikir lebih penting menemukan orang-orangnya."
Irsyaad Suharyadi

Sepuluh tahun atau mungkin beberapa tahun lebih cepat, saya akan merintis tulisan-tulisan yang diteliti dari perkembangan peradaban manusia. Awalnya saya berfikir tulisan tersebut adalah langkah awal untuk membuat tempat terbaik di Indonesia, sebagai kompleks percontohan sebuah "civilization" yang harusnya dilakukan di seluruh daerah di Indonesia. Disana saya ingin membangun kompleks pendidikan yang pendidikannya bagus dan cocok dengan siswa didik, membuat perusahaan ramah lingkungan juga karyawan, dan peradaban yang dilandasi masjid dan perpustakaan, serta tempat rekreasi yang mengagumkan. 

Hal ini saya lakukan sebagai kontribusi saya menyikapi permasalahan negeri ini yang kompleks, saya berfikir cara terbaik yakni kita perlu berhijrah. Akan tetapi, pada akhirnya saya khawatir cita-cita besar ini justru akan menyebabkan obsesi saya terhadap akhirat berkurang. Dibandingkan membuat tempat terbaik, Saya fikir lebih penting menemukan orang-orangnya. Lagipula, sesungguhnya perjumpaan kita dengan orang-orang hebat itu diatur oleh Allah S.W.T. Pekerjaan rumah kita menjadi lebih mudah karena dapat berkonsentrasi  mengelola hubungan silaturahmi itu menjadi bermanfaat.

Temukan Orang-orang yang beradab, dan hiduplah dengan cara yang berakhlak. dengan begitu sedikit demi sedikit insyaallah cita-cita ini bisa menjadi perjuangan bersama. Orang yang beradap insyaallah pandai, orang yang berakhlak insyaallah orang yang baik. Tugas Nabi Muhammad dari dulu adalah memperbaiki akhlaq manusia, sampai saat ini pun upaya perbaikan akhlak terus diperbincangkan walaupun minim dalam penerapannya. 

Penutup, Semoga kita dapat melakukan yang terbaik dari rencana Allah.

No comments:

Post a Comment