Indonesia dalam buku Rangkuman Riwayat Masyarakat Manusia

Ada sebuah buku yang sangat menarik perhatian saya dipenghujung masa liburan beberapa saat lalu, buku itu berjudul Bedil,Kuman, dan Baja (dalam terjemahan). Buku ini berbicara tentang riwayat masyarakat manusia didunia, dalam usaha sang penulis untuk mendapatkan jawaban ilmiah mengapa ada bangsa dengan peradaban maju dan terbelakang . Kesemua hal itu dapat kita nikmati dalam 620 halaman dengan harga 95 ribu.

Dalam awal membaca buku tsb, saya makin merasa beruntung karena membeli buku ini. Setelah membeberkan rangkaian pendapat mengapa ada bangsa yang maju dqn tidak dalam bagian Pertanyaan Yali, saya menemukan beberapa baris berharga tentang Indonesia, berikut:

Pergerakan lain lagi, yaitu ekspansi Austronesia, menggeser para pemburu-pengumpul diFiliphina dan Indonesia...benturan tersebut membentuk negara-negara yang didiami oleh sepertiga populasi dunia Modern, tempat kekuatan ekonomi semakin terkonsentrasi dan juga menyediakan model yang sangat jelas untuk memahami sejarah suku-suku bangsa dibagian lain dunia.

Jadi, saya menangkap sejatinya Indonesia terdiri dari bangsa yang maju dan belum. Bukan rasis, tapi memang itulah yang terjadi. Pengertian modern atau maju dilihat dari proses bagaimana dia memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti yang disampaikan penulis buku tsb yang merasa tertinggal dalam kemampuan "survival" dibanding orang papua, walaupun ia berdarah eropa sangat dikenal sebagai negara yang
maju.

Itulah sedikit cerita saya dari hasil membaca prolog buku ini.
Terimasih atas kunjungannya :)

No comments:

Post a Comment