Petunjuk Teka-Teki Terbesar

Dalam sebuah Permainan Teka-Teki
Selalu ada pilihan bagi pemain untuk mendapatkan petunjuk
Agar pemain dapat melanjutkan permainannya
Agar dapat meneka atau meneki Teka-Teki

Begitu pula dalam hidup
aku sangat yakin disitu ada petunjuk
sebuah hal yang datang dari maha pemberi petunjuk
aku haturkan syukur kepadanya

Lantas mungkinkah telah datang petunjuk tsb.
Kepada teka-teki terbesar hidup ini?
Teka-teki bagi persoalan paling runyam
Mengenai Cinta yang belum pernah bisa aku taklukan


Maaf sebelumnya harus membuat pembaca sedikit berfikir
Sebab, ini merupakan hal yang spesial
Seperti sifatnya, Begitulah juga teka teki.
Oleh karena itu, saya sarankan untuk menikmatinya saja.

Aku tak habis pikir
bagaimana mungkin terucap namamu tanpa ada perkara apapun
dalam sebuah situasi dan kondisi yang tak ada kaitannya tentang dirimu
Namun sepertinya itulah petunjuk dari Allah melalui kata hati, semoga benar!

Maka bila ini benar adalah petunjuknya
Berarti teka-teki itu justru berbalik
bukanlah dari masa depan,tapi dari masa lalu
hanya dengan konteks dimensi yang telah berbeda.

Aku terlalu ingusan saat itu untuk menyadarinya
Bagaimana aku bisa lupa, ujian praktek sekolah dasar jadi saksi bisu
anak kecil pongah ini sedang jatuh cinta
ah salah, dulu aku pintar akademik bukan main.

memang dasar sial atau aku pengecut,
perjuangan cinta fenomenalku selalu terjadi di penghujung level pendidikan
yang kemudian berujung sama yakni aku lupa,
entah karena kurang mengindahkan kehadirannya, atau sekali lagi aku pengecut

Hari-hari telah berlalu
banyak kesalahan telah kuperbuat
banyak pelajaran telah kuterima
sedikit demi sedikit aku baru mengerti apa itu cinta

Memang setelah berjalannya waktu banyak wanita yang menarik hati
tapi sungguh kamu adalah yang pertama
aku baru tau apa rasa cinta itu darimu
yang mana tiada kutemukan dalam buku pelajaran.

Cinta bukan sesuatu yang dipaksakan untuk selalu bersama
lagipula, Cinta bukan lah juga sarat untuk menikah
tapi, Hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga
dan seperti kata kahlil gibran, Cinta sejatinya dalah tentang kecocokan jiwa

Dan ketika hari-hari telah berlalu lama, tahun telah berganti
sekitar delapan tahu dari pertemuan pertama kita
juga delapan tahun dari saat aku melihat namamu dipapan penerimaan siswa SMP
aku tak pernah mendengar lagi kabarmu, 

sayang sekali, aku betul-betul tak sengaja melupakanmu,
maaf aku tak mencarimu.
kau wanita cantik yang aku fikir kau pasti hidup bahagia
aku fikir lebih baik tak memikirkannya, bukan melupakanmu

memang begitulah sejatinya cinta.
dia ada karena kau memikirkannya dikepalamu.
tapi sekali lagi, kita perlu ingat hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga.
maka pilihlah siapa2 yang pantas kamu cintai.

Dan ketika 8 tahun kemudian, yaitu hari ini
aku memikirkanmu, aku mencarimu
dan tak ku sangka kesedihan tengah meliputimu
duka karena keretakkan keluargamu

Heri, kawan kita. yang bercerita padaku
Iyaa, dia yang pernah berkelahi denganmu
Sehingga, Kamu disebut wanita liar dikelas,
mana aku tahu kemudian kau bisa jadi seperti itu.

Hingga aku paham ketika menemukan blog mu
Kamu tuliskan hidupmu penuh kepedihan yang mendalam
tapi kau masih tetap teguh dan berjuang.
terima kasih ya Allah kau tetap menjaganya

Satu hal penting yang kusadari Ya Allah,
apakah yang selama ini membuat kisahku cintaku selalu berakhir runyam,
adalah agar aku paham apa itu sebenarnya Cinta?
apakah begini caraMu mengajarkan Cinta kepada anak SD yang masih pongah delapan tahun lalu itu?

Lalu, apakah kau minta aku menghampirinya?
Memberinya sebuah hal yang belum pernah kuberi
dan mengakhiri sebuah rasa sayang yang disimpan pedih
menjadi sebuah rasa sayang yang membahagiakan orang lain.

Aku ingin tertawa, malu, sedih,takut dan banyak hal lagi
Aku tak menyangka inilah petunjuk yang kau beri.
biarkan aku berfikir sejenak.
lalu akan aku jawab teka-teki itu, Tenang aku takkan lari lagi.

No comments:

Post a Comment